- Resistor pada gambar disamping memiliki warna merah, hijau, kuning, dan emas. Tentukan nilai hambatan resistor tersebut :
Diketahui : pita ke-1, merah = 2
Pita ke-2, hijau = 5
Pita ke-3, kuning =
0,000
Pita ke-4, emas = +/- 5 %
Ditanyakan =..........?
Jawab :
Nilai hambatan resistor
dengan warna merah, hijau, kuning, dan emas adalah 250.000 Ω dengan tingkat akurasi 5 %. Hal ini berarti bahwa nilai
hambbatan yang sebenarnya adalah berkisar antara :
Batas bawah = 250.000 – (5/100 x 250.000)
= 250.000 – 12.500
= 237.500 Ω
Batas atas = 250.000 + (5/100 x 250.000)
=
250.000 + 12.500
=
262.500 Ω
- Pada gambar rangkaian dibawah! Berapa besar kuat arus pada I3
Diketahui : Imasuk = 12 A
I1 = 8 A
I2 = 3 A
Ditanyakan : I3 = ....... ?
Jawab :
∑I
masuk = ∑I keluar
I total = I1+I2+I3
12 = 8+3+I3
12 =
11+I3
I3 =
12-11
= 1 A
- Perhatikan gambar dibawah! Jika besarnya arus yang masuk 200mA, maka hitunglah besarnya kuat arus I1, I3, I5!
Diketahui : Imasuk = 200 mA
I2 = 80
mA
I4 =
40 mA
Ditanyakan : a. I1 = .....?
b. I3 = .....?
c. I5 = ..... ?
Jawab :
a.
Imasuk = I1+I2
200 =
I1+80
I1 =
200-80
=
120 mA
b.
I1 = I3+I4
120 =
I3 + 40
I3 =
120 – 80
=
80 mA
c.
I5 = I2 + I3
+ I4
= 80 + 80 + 40
= 200 mA
- Sebuah kawat penghantar dengan hambatan 11,5 Ω dihubungkan dengan sumber tegangan 6 V yang hambatan dalamnya 0,5 Ω. Hitunglah kuat arus pada rangkaian dan tegangan jepitnya!
Diketahui : a. R : 11,5 Ω
b. E : 6 V
c. r = 0,5 Ω
Ditanyakan : a. I
= ..... ?
b. K = ..... ?
Jawab :
a.
Kuat arus pada
rangkaian
I = (E/R+r) = 6/11,5 + 0,5 = 0,5 A
b.
Tegangan Jepit
K = I x R = 0,5 x 11,5 = 5,75 V
- Hitunglah kuat arus pada masing-masing penghambat pada gambar berikut!
Diketahui : a. E1 = 8 V
b. R1 = 4 Ω
c. E2 = 18 V
d. R2 = 2 Ω
e. R3 = 6 Ω
Ditanyakan : a. I1 = ..... ?
b. I2 = ..... ?
c. I3 = ..... ?
Jawab :
·
Hukum I Kirchhoff (
Persamaan I )
I3 = I1 + I2
·
Loop I ( Persamaan II )
∑E = ∑ (I x R)
8
= I1 x 4 + I3 + 6
8
= I1 x 4 + (I1 + I2) 6
8
= 10 I1 + 6 I2
·
Loop II (Persamaan III
)
E2 = I2 x R2 + I3 x
R3
18 = I2 x 2 + (I2 +
I1) 6
18 = 2 I2 + 6 I1 +
6 I2
9
= 3 I1 + 4 I2
·
Menggunakan Persamaan
Eliminasi
16 = 20 I1 + 12 I2
27 = 9 I1 +
12 I2 –
-11 = 11 I1
I1 = - 1 A
·
Nilai I1, masukkan ke persamaan
(II)
8 = 10 I1 + 6 I2
8 = 10
(-1) + 6 I2
I2
= 3 A
·
Nilai I2, masukkan ke persamaan (I)
I3
= I1 + I2
= -1 + 3
= 2
·
I1, negatif, berarti I berlawanan
dengan arah yang telah ditentukan.
http://www.ferinugroho.my.id/2021/06/cause-of-urban-growth.html
BalasHapushttp://www.ferinugroho.my.id/2017/03/save-tikus-island_16.html
http://www.ferinugroho.my.id/2017/08/konservasi-terumbu-karang-pulau-enggano.html
http://www.ferinugroho.my.id/2021/06/akhirnya-windows-11-rilis-24-juni-2021.html
http://www.ferinugroho.my.id/2017/03/menggapai-puncak-gunung-dempo.html
http://www.ferinugroho.my.id/2017/08/tragedi-jatuhnya-pendaki-di-kawah.html
http://www.ferinugroho.my.id/2017/08/indahnya-pemandangan-malam-di-bukit.html
http://www.ferinugroho.my.id/2021/06/interpretasi-visual-citra-dan.html
http://www.ferinugroho.my.id/2017/09/menikmati-sunrise-di-gunung-kaba.html
http://www.ferinugroho.my.id/2021/06/pokok-pokok-manajemen-strategik.html
http://www.ferinugroho.my.id/2017/09/menikmati-malam-minggu-di-pedestrian.html
http://www.ferinugroho.my.id/2021/06/cara-membuat-roi-di-envi.html
http://www.ferinugroho.my.id/2021/06/download-citra-satelit-gratis.html
http://www.ferinugroho.my.id/2021/06/urban-growth-in-malaysia-land-use.html
http://www.ferinugroho.my.id/2021/06/sosialisasi-pemetaan-terumbu-karang.html
http://www.ferinugroho.my.id/2021/06/a-review-of-simulation-urban-growth.html
http://www.ferinugroho.my.id/2021/06/sistem-informasi-geografis-membuat-peta.html
http://www.ferinugroho.my.id/2021/06/membuat-referensi-dengan-mendeley.html
http://www.ferinugroho.my.id/2021/06/kombinasi-band-citra-landsat-8.html
http://www.ferinugroho.my.id/2021/06/mewujudkan-mimpi-menjadi-peneliti.html
http://www.ferinugroho.my.id/2021/06/urban-sprawl.html
http://www.ferinugroho.my.id/2021/06/cara-membuat-effect-outro-video-di.html