Rabu, 16 September 2015

Guru Idola di Sosial Media

Ibu Eni
Ibu Eni Rita Zahara
Menjadi seorang guru merupakan tugas yang sangat mulia, mulai dari mengajarkan dan juga mendidik siswa/i agar bisa menjadi pintar juga mengajarkan nilai-nilai budi pekerti agar siswa/i bisa menjadi siswa/i yang berakhlakul karimah. Untuk mewujudkan itu semua perlunya peran guru yang sangat optimal ditambah kerjasama dengan orang tua siswa/i dalam mendidik putra/i mereka. Peran optimal tersebut salah satunya adalah dengan memberikan contoh dan juga teladan yang baik bagi siswa/i nya, dengan begitu siswa/i dapat mengikuti jejak yang baik yang telah dicontohkan oleh sang guru.

Namun di era kebebasan menggunakan media gadget salah satunya untuk menggunakan media sosial, banyak siswa/i yang tidak mempunyai panutan ataupun suri tauladan yang dapat mereka  jadikan contoh. Karna peran guru dalam mendidik dan mencontohkan sesuatu hal yang baik hanya dilaksanakan di sekolah dan juga didalam kelas. Untuk itu diperlukan seorang guru yang dapat mendidik dan juga memberikan contoh yang baik khususnya dalam pemanfaatan media sosial, dengan begitu siswa/i dapat mencontoh apa yang dilakukan oleh seorang guru dimanapun mereka berada.
Guru yang dapat memanfaatkan sosial media untuk mendidik dan juga mengajarkan nilai-nilai kebaikan tidaklah banyak, tetapi dalam tulisan kali ini, saya akan memperkenalkan seorang guru yang sangat profesional yang dapat dijadikan contoh oleh rekan kerjanya dan juga oleh siswa/i nya baik di lingkungan sekolah maupun dalam pemanfaatan sosial media. Dan menurut saya beliau adalah seorang guru idola di sosial media. Siapakah beliau?? Mari kita simak !


Ibu Eni
Ibu Eni di Instagram
Beliau adalah Dra. Eni Rita Zahara yang biasa dipanggil oleh siswa/i nya dengan sebutan "Ibu Eni", tetapi beliau sering menuliskan nama panggilan didalam fotonya dengan tulisan "eriza". Ibu Eni adalah seorang guru Bahasa Indonesia di SMKN 56 Jakarta. Pengalamannya dalam mengajar sudah tidak di ragukan lagi, selain mengajar di sekolah beliau pun seorang penulis buku mata pelajaran Bahasa Indonesia yang bukunya hampir digunakan di seluruh SMK, selain itu beliau pun pernah tampil di TV dalam acara TV Edukasi untuk membawakan materi pelajaran Bahasa Indonesia.

Hobi untuk bermain sosial media dan memotivasi siswa/i di sosial media diawali oleh kecintaannya dalam hal fotografi. Dari dulu beliau senang untuk mengabadikan setiap moment terbaik dalam hidupnya, dari hobi tersebut menghasilkan hasil karya foto-foto yang sangat indah, dan beliau belajar mengabadikan foto yang indah hasil dari otodidak tidak ada yang mengajarkannya, nah dari situlah anak-anaknya menyarankan untuk bermain sosial media. Dan mulai saat itulah beliau tertarik untuk menggunakan sosial media.

Lomba Tarik Tambang di SMKN 56 JKT


Beliau pun sering mengabadikan moment ketika berangkat dan pulang ke sekolah serta ketika liburan, jadi foto-foto yang beliau abadikan tersebut beliau gunakan setiap hariya untuk diupdate sosial media yang beliau miliki salah satunya adalah instagram. Dengan begitu beliau tidak akan pernah kehabisan foto untuk di update setiap harinya.

Foto Momen saat liburan bu eni
Moment Saat Liburan
Untuk saat ini sudah hampir 692 followers di instagram yang beliau miliki, dengan banyaknya love yang beliau dapatkan untuk setiap fotonya sekitar 70-80. Waww banyak bukan kisaran untuk seorang guru. Dan uniknya foto-foto beliau banyak disambut baik oleh semua kalangan, baik oleh rakan kerja maupun siswa/inya, selain itu, banyak rekan kerja dan juga siswa/inya yang menirukan dan mencontoh beliau, seperti pengantar yang saya berikan seorang guru harus bisa menjadi contoh yang baik untuk siswa/i nya dan semua orang. 
Foto Ibu Eni
Salah Satu Karya Ibu Eni

Murid mencontoh Ibu Eni
Salah Satu Murid yang Mencontoh Ibu Eni

Selama bermain sosial media, tidak ada gangguan ataupun komentar negatif dari followers nya, karena beliau selalu mengajarkan kebaikan kepada semua orang dan menjaga komunikasi yang baik dengan semua orang. Dengan begitu setiap harinya semakin banyak yang mengenal beliau baik secara langsung maupun tidak langsung.

Foto Bareng Siswa/i SMKN 56 JKT
Dan untuk mensinkronkan profesi Ibu Eni sebagai guru agar bisa tetap memberikan pendidikan didalam setiap kegiatannya di sosial media yaitu dengan cara menampilkan foto-foto yang santun, menampilkan kegiatan-kegiatan yang positif dan bahasa yang digunakan tidak diumbar dengan kalimat yang tidak baik.

Dan tips dari Ibu Eni untuk para siswa/i khususnya kaum muda yag sedang asik-asiknya bermain gadget terutama untuk sosial media "pergunakanlah dengan bijak, santun serta bisa membagi waktu". Tips yang sangat berharga, karena dengan menggunakannya secara bijak dan santun dapat membawa pengaruh positif untuk diri sendiri dan orang lain dan juga bisa membagi waktu kapan harus belajar, bermain dan lain sebagainya.

Hasil Karya untuk Memotivasi Siswa/i
agar Rajin Membaca
Itulah sedikit gambaran dari pemanfaatan gadget untuk media sosial, selain hanya digunakan sebagai media hiburan ternyata dengan alat tersebut bisa digunakan sebagai media pembelajaran untuk mencontohkan kegiatan-kegiatan positif yang dapat dilakukan oleh seorang guru.

Happy Blogging and Sharing :)

0 komentar:

Posting Komentar

Ayo kritik dan saran anda ditunggu agar blog ini dapat terus berkembang menjadi yang lebih baik lagi